Kamis, 23 Juni 2016

Sunnah mencicipi Garam Garam menyembuhkan 70 macam penyakit

Sunnah mencicipi garam, Garam Menyembuhkan 70 macam penyakit

GARAM, FILOSOFI DAN MANFAATNYA
Bagi orang yang pernah khurujfi sabilillah atau Keluar di Jalan Allah bersama jamaah USAHA DAKWAH DANTABLIGH atau orang mengenal dengan Jamaah Tabligh, ketika mereka makan makamereka selalu makan dengan berjamaah. Mereka makan dengan 3 atau 4 orang dalamsatu nampan.
Dalam mudzakarah yang biasadisampaikan bahwa makan berjamaah adalah sunnah Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam. Dalam adab makan, salah satunya “sebelum makan dianjurkanmencicipi garam dengan jari kelingking.” Fadhilah atau keutamaannya adalah “akanmencegah 70 macam penyakit.”
Namun ada sebagian orang yangmerasa berang alias tidak senang dan bahkan menunjukkan sikap marah, denganmengatakan bahwa amalan yang dikerjakan oleh orang yang mengikuti kegiatanjamaah tabligh seperti mencicipi garam sebelum makan adalah perbuatanbid’ah. Bahkan dianggap telah berdusta atas nama sahabat Nabi shallallahu‘alaihi wasallam karena tidak bisa menunjukkan dalilnya bahwa amalantersebut dari sayyidina Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah.
Baiklah baca terus sampaiselesai, semoga bermanfaat.
1.  PengertianGaram
Definisi garam adalah senyawa atau ionpositif basa dengan ion negative asam, misalnya natrium klorida (NaCl),ammonium klorida, dan natrium asetat.
Garam dibuat dengan cara-cara berikut :
1.  Penetralanlarutan asam oleh larutan basa, disusul dengan penguapan dan pengkristalan
2.  Dualarutan garam, karena pengendapan salah satu produk (natrium klorida + peraknitrat, perak klorida praktis semuanya mengendap)
3.  Pelelehanoksida basa atau senyawa dari oksida asam atau senyawanya. Pada proses inikarbon dioksida, amoniak, dan air akan terusir sebagai gas
4.  Reaksiantara logam dan unsur bukan logam (dengan pemanasan misalnya besi danbelerang).
Garam, juga dikenal sebagai garammakan atau garam batu / garam kasar. Garam adalah sejenis mineral yang komponen utamanya adalahnatrium klorida. Garam sangat penting untuk kehidupan manusia dan hewan dalamjumlah kecil, namun berbahaya jika berlebihan. Rasa garam (asin) merupakansalah satu dari rasa dasar manusia. Garamlah yang menyebabkan laut terasa asin.Garam berfungsi untuk menyedapkan makanan untuk pembangkit nafsu makan danmerangsang konsumsi. 
Kebanyakan garam digunakan sebagaigaram makan, dan berfungsi sebagai penyedap makanan namun sejak akhir-akhir inigaram juga digunakan dalam industri medis. Sebagai contoh, kebanyakangaram digunakan untuk menawarkan sesuatu komposisi kimia yang berlebihan dalamtubuh penderita. Selain itu, garam dapat mengawetkan ikan karenagaram mempunyai sifat osmotik yaitu menyerap air yang terkandung dalam ikansehingga ikan tidak membusuk, karena air sebagai media untuk jamur danpembusukan.
Kekurangan penggunaan garam yangberyodium dapat menyebabkan penyakit gondok serta gigi berlubang dan kelebihangaram dapat menyebabkan darah tinggi atau hipertensi. 
Garam juga merupakan satukomposisi kimia yang berupaya untuk dijadikan sebagai bahan dagangan. tidakhanya itu penggunaan garam di masa sekarang merupakan suatu bahan yang sangatdibutuhkan baik digunakan dalam bidang medis, pertanian maupun dalam bidangpembuatan makanan.
Pada zaman dulu harga garam sangatmahal. Dikarenakan ada sebuah negara yang membayar gaji tentaranya dengan garamdan dari situlah nama 'gaji' dalam bahasa Inggris dibuat yaitu 'salary' yangdiambil dari kata Latin yang berarti 'garam'.
Sejak abad kesembilan belas,penggunaan industri garam telah melakukan diversifikasi dan terlibat dalambanyak proses seperti di industri kertas (natrium hidroksida NaOH-), pembuatankosmetik, bahan kimia dan lain sebagainya. Pada abad XXI garam total duniadigunakan untuk konsumsi manusia tidak mencapai 25% dari total produksi.
Zaman dulu garam berbentuk batudan hanya dapat dimakan oleh manusia dan merupakan bumbu paling tua yangdigunakan oleh manusia tidak hanya dikonsumsi garam merupakan salah satupenggerak ekonomi dan sebagai mata uang pada sistem barter.

2.  Garam ituMusuh Atau Sahabat Bagi Tubuh?

Garam seringdisebut sebagai biang keladi berbagai masalah kesehatan, seperti darah tinggidan juga masalah jantung. Bahkan Amerika telah membuat gerakan untuk mengurangikonsumsi garam secara nasional. Namun sebelum beramai-ramai memusuhi garam,mari kita menanyakan beberapa hal terlebih dahulu.
Apakah kitabisa hidup tanpa garam? Jawab Tidak Bisa!
Garam sangatpenting bagi kesehatan. Sel-sel tubuh kita membutuhkan garam untuk bisaberfungsi seperti mempertahan kanfungsi otot dan hidrasi, itu sebabnya mengapa minuman pelepas lelah setelaholahraga mengandung sodium.
Kita teruskehilangan sodium saat berkeringat dan membuang urin, dan jika kita tidakmenggantinya dengan minum air dan sodium, maka tekanan darah kita bisa turundrastis dan membuat pusing-pusing.
"Sodiumberfungsi seperti spons yang membantu menahan cairan dalam darah," jelasRikki Keen, R.D., seorang instrukr dietetics dan nutrisi di Universitas ofAlaska.
Garam, yaitusodium clorida atau natrium clorida bukan sekedar membuat sedap makanan saja,tetapi tanpa mengkonsumsi garam sama sekaliseseorang dapat mati.
Apakahsaya perlu sangat berhati-hati menakar asupan garam? Belum tentu
Jika Andadarah tinggi tentu disarankan mengurangi konsumsi garam. Mekanismenya jelas:Sodium menyebabkan darah Anda mengandung banyak air, sehingga membuat jantungAnda memompa lebih keras dan membuat tekanan darah meningkat.
Namun jika Andadalam keadaan sehat, kedokteran merekomendasikan untuk mereka yang berusia 14tahun ke atas mengkonsumsi garam tidak lebih dari 2.300 miligram atau sekitarsatu sendok teh garam.  Sedangkan batas bawahnya adalah 1.500 miligramatau setengah sendok teh, bagi mereka yang sudah paruh baya atau berusialanjut, termasuk yang mengalami sakit ginjal, darah tinggi dan diabetes.
Namun jikaAnda berniat diet garam harus berhati-hati, menurut Journal of Hypertention,mereka yang mengurangi konsumsi sodium sekitar 1000 miligram mengalami darahrendah, detak jantungnya lebih tinggi dan penurunan sensitivitas insulin yangdapat meningkatkan resiko diabetes. Oleh karenanya, banyak ahli belum satusuara apakah mengurangi konsumsi garam baik atau tidak. Pesan pentingnya adalahgaram bukanlah satu-satunya faktor penyebab naiknya tekanan darah, obesitasjuga memberi kontribusi.
Yang perludiperhatikan adalah kebanyakan makanan olahan mengandung garam yang tinggi.Tubuh manusia menyeimbangkan jumlah natrium dengan potassium. Perbandingansodium dan potasium erat kaitannya untuk menyetabilkan tekanan darah. Namunsayangnya makanan olahan saat ini tidak memiliki kandungan potassium yangcukup. Untuk itu disarankan untuk mendapatkannya dari buah dan sayuran segar.
Jadi ingatlahbahwa garam itu baik untuk tubuh, dan makanan yang diolah sendiri denganbubuhan garam masih tergolong sehat. Karena menurut penelitian kontribusi garammelalui makanan yang dimasak sendiri hanya 12 persen, sedangkan makananrestoran dan olahan memberikan kontribusi sebesar 77 persen. Anda ingin sehat?Jangan malas untuk memasak sendiri dan kurangi jajan. Sehat ditubuh, dan sehatdikantong juga loh..
3.   Jaga Kesehatan dengan Menjilat Garam Dapur SebelumMakan
Hal inibukan lelucon, atau sekedar untuk menarik perhatian agar pembaca membacatulisan ini. Ia merupakan anjuran, tepatnya semacam tip untuk menjagakesehatan. Dengan menjilat garam? Ya, hanya dengan menjilat garam sebelummakan. Apa iya??? …. Jangan bercanda!, masak garam yang berharga murah dan biasa kita temuisehari-hari di rak dapur setiap rumah tangga di negeri ini bisa memilikimanfaat untuk menjaga kesehatan!. Bukan hanya menjaga kesehatan, tapijuga untuk mengobati beragam penyakit dan juga berfungsi sebagai penawar racun.
Oh yaa! Siapa yang mengucapkannya?. Apasudah ada uji klinis?, atau bukti ilmiah?, atau setidak-tidaknya pengalamanempiris yang bisa mendukung pernyataan di atas?. Stop! Jangan banyak bertanyadahulu. Simpan rasa penasaran dan tanda tanya yang berkecamuk di pikiran anda,sampai saya selesai menjelaskannya. Karena saya pun memiliki keraguan yang samadengan anda ketika membaca pernyataan tersebut untuk pertama kalinya.
Sangat menarik, karena yang mengucapkanpernyataan itu bukan seorang dokter atau ahli pengobatan yang ternama. Tapijuga bukan dari sembarang orang. Pernyataan itu keluar dari lisanseorang yang sangat mencintai dan sangat dicintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Seseorang yang seumur hidupnya diahabiskan untuk Islam, berkhidmat dan meneladani junjungannya al Amin (Yangdipercaya), sehingga ucapan dan prilakunya serupa benar dengan Rasulnya alMushtafa. Dan sebagaimana halnya dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, mustahil ia mengucapkan suatukebohongan, apalagi membuat lelucon yang membodohi orang lain. Beliau adalahAli bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, seorang Sahabat,Imam, Khalifah, Pengemban Wasiat Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam yang dijuluki sendiri oleh Nabi, “Ana madinatul ilm, wa ‘aliyyun babuha” artinya “Saya adalah ‘Sang Kota Ilmu’, sedangkan Ali sebagai ‘Pintu Kota Ilmu’.
Persisnya ucapan atau atsar SayyidinaAli radhiyallahu ‘anhu tersebut adalah : Jilatlah garam sebelum makan!. Andaikan orang-orang tahu manfaat garam,niscaya mereka akan lebih memilihnya ketimbang penawar racun. Barangsiapa menjilat garam sebelum makan,maka Allah akan melindunginya dari tujuh puluh jenis penyakit yang hanyadiketahui olehAllah”.
Atsar tersebut saya temukan diantaratumpukan hadits dan atsar yang bertebaran di buku “Mutiara Tersembunyi WarisanNabi” yang merupakan terjemahan dari buku ‘al-atsaral-Wadh’iyyah fi al-Kitab wa al-Sunnah’ karya SyaikhAbdurrasul Al ‘Unuz.
Dalam atsarnya SayyidinaAli radhiyallahu ‘anhumenjelaskan dua hal:
Pertama,menjelaskan manfaat garam bagi kesehatan manusia, sebagai penawar racun danobat bagi 70 macam penyakit.
Keduasebagai tip bagaimana cara mengkonsumsi garamagar bermanfaat bagi kesehatan manusia, yaitu dengan menjilatnya secara rutinsebelum makan.
‘GaramDunia’
Istilah ‘garam dunia’ adalah terjemahandari ungkapan dalam Bahasa Inggris, ‘thesalt of the earth’, yang berarti sesuatu atau seseorang yang sangatberharga atau memiliki arti yang special. Ungkapan tersebut dikutip dariperkataan Nabi Isa ‘alaihis salam kepadamurid-muridnya, yang diakui oleh kaum Nasrani yang termuatdalam Kitab Perjanjian Baru, Matthew 5:13. “Youare the salt of the earth”.
Garam yang kini kurang berharga secaraekonomi, ternyata di zaman dahulu pernah menjadi komoditi yang sangat berhargamelebihi logam mulia dan memiliki nilai yang strategis dan berperan pentingdalam perkembangan peradaban ummat manusia. Berikut beberapa catatan sejarahyang menunjukkan arti penting dan strategis garam sebagai komoditi ekonomi dimasa lalu.
·     BangsaAs Syria pernah menggunakangaram untuk kepentingan operasi militer yang dikenal dengan nama ‘salting the earth’ (menggarami dunia).Yaitu suatu ritual menaburkan garam saat menaklukkan kota-kota yang dikuasaimusuh sebagai simbol kutukan atas dikuasainya kembali kota-kota tersebut.
·     TentaraRomawi pernah digaji dengan garam. Mereka menyebut tentara yang melakukantugasnya dengan baik sebagai ‘garammereka yang berharga’. Kata Inggris ’salary’berasal dari kata Latin salārium,kemungkinan berkaitan dengan uang yang diberikan kepada tentara untuk membeligaram.
·     BahkanKekaisaran dan Republik Romawi pernah menerapkan kebijakan mengontrol hargagaram sebagai alat politik untuk menjaga stabilitas ekonomi, politik dankeamanan negara. Pada masa awal Republik Romawi, sejalan dengan pertumbuhankota Roma, sarana dan prasarana transportasi dibangun untuk melancarkandistribusi garam dari tambang-tambang garam yang terletak di daerah terpencilke kota-kota besar. Via Salaria, contohnya, asalnya adalah jalan kecil Sabineyang kemudian diperbesar untuk menghubungkan kota Roma dengan Laut Adriatic,pusat tambang garam dengan kadar salinitas yang tinggi.
·     SepanjangAbad Pertengahan, garam merupakan komoditi yang berharga yang diangkutsepanjang jalan-jalan garam (salt roads) ke pusat negeri suku-suku bangsaberbahasa Jerman.
·     Kafilah yang berarmadakan empat puluh ribu ekor ontamengangkut garam melintasi jarak 400 miles dari Gurun Sahara menuju pasar-pasardi daerah pedalaman di Sahel(sekarang termasuk wilayah Tunisia, Eritria), terkadang mereka mempertukarkangaram dengan seorang budak. Timbuktu(Mali, Afrika Barat) adalah pasar garam dan budak yang terbesar pada masa itu.
·     Garamjuga memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi bangsa Yahudi, Yunani, Cina danbangsa-bangsa lain di masa lalu. Sekitar tahun 2700 BC bangsa Cina telahmempublikasikan penjelasan yang detail dan sistematis tentang perbedaanjenis-jenis garam dan metode penyulingannya.
·     Catatan-catatansejarah juga menunjukkan manfaat garam yang sangat besar bagi kesehatanmanusia. Hippocrates menganjurkan para dokter di zamannya untuk menggunakan airgaram sebagai obat beragam jenis penyakit ringan dengan cara membenamkanpasien-pasiennya ke dalam air laut. Sebuah tradisi pengobatan yang kemudiandilestarikan oleh Bangsa Yunani Kuno.
Filosofi Garamadalah Rasa Asin
Esensi garam adalah rasa asin. Tanparasa asin bukanlah garam namanya. Rasa asin inilah yang menjadikan garamberharga, khususnya bagi kesehatan manusia. Tanpa rasa asin, garam menjadisesuatu yang tidak bernilai. Sebagaimana diucapkan Nabi Isa ‘alaihis salam, sebagaimana tertulisdalam Kitab Perjanjian Baru, Matthew 5:13: “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, denganapakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.
Garam adalah sebuah komponen pentingdalam kehidupan. Jika digunakan dengan takaran tepat, garam sangat berguna bagikesehatan manusia. Garam memicu rasa haus sehingga kita tidak mengalamidehidrasi. Garam juga meningkatkan rasa lezat makanan dan tanpa garam semuaakan terasa hambar. Tetapi Nabi Isa ‘alaihissalammemperingatkan, "Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah iadiasinkan?"
Garam adalah pemberi rasa asin, jikasumber rasa asin, tidak asin lagi, maka tidak ada cara untuk mengasinkannya.
Demikian juga orang percaya, sepertigaram, kita diciptakan untuk memberi dampak dimanapun kita berada. Jikakehidupan kita tidak bisa lagi memberi "dampak" lalu apa artikehidupan kita. Jangan sampai kehidupan kita "tidak asin" lagi!
Bagaimana agar rasa "asin"kita bisa dirasakan oleh sekeliling kita? Belajarlah dari garam. Untuk bisamenyedapkan makanan, garam itu melebur, terserap oleh setiap elemen makanan.Jika garam itu tetap berwujud butiran kristal garam, orang yang memakannya akanmemuntahkannya karena terlalu asin. Jika kita ingin benar-benar berdampak,jangan pertahankan eksistensi kita, tapi buat setiap orang benar-benarmerasakan manfaat keberadaan kita. Bantulah setiap orang sebaik mungkin danjangan berharap penghargaan atas hal itu, karena kita tidak perlu"terlihat" tapi harus "terasa".
Menjadi "garam dunia"bukanlah hal yang mudah karena artinya penyangkalan diri dan pengorbanan. Namunjika gaya hidup kita tidak seperti filosofi garam ini, maka kita tidakmenghidupi tujuan kehidupan kita. Jadi apapun harganya kita harus tetap asindan  mengasinkan sekitar kita.
Menjadi garam dunia itu tidak perlu"terlihat" tapi harus "terasa". Jadi buat apa eksis kalauhidup kita tidak berdampak.
4.  Dalil Lain Mencicipi Garam sebelum Makan.
1.  Dalam buku“Penyembuhan cara Sufi” karya Syaikh Hakim Mu’inuddin Chysti ditulis bahwa nasihatSayyidina Ali radhiyallahu ‘anhu agar mencicipi sedikit garam sebelummakan, seolah hal ini berlawanan dengan kearifan dunia kedokteran modern yangmenyatakan ada efek yang berbahaya dari kelebihan komsumsi garam, namun sesugguhnyapengetahuan tentang metabolisme tubuh menunjukan kearifan dari saran ini. Garamtersusun dari dua bahan kimia, sodium dan klorida. Klorida yang ada dalam garammerupakan satu-satunya sumber klorida yang mudah diperoleh dan dapat digunakanoleh tubuh untuk menghasilkan hidrochloride acid (zat asam garam) yang pentinguntuk kelancaran percernaan dalam perut.
2.  Dalam kitab Syu’bulIman, oleh ImamBaihaqi, padanomor 1150 tertulis :
أخبرنا أبو طاهر الفقيه أخبرنا أبو بكر القطانحد ثنا أحمد بن يوسفحد ثنا محمد بن يوسف قال : ذكر سفيان عن عمرو بن ميمون عن طاوس قال يكفي الصدق من الدعاء كما يكفي الطعام من الملح
Telah mengabarkan Abu Thahir Al-Faqhih, mengabarkan Abu Bakr Al-Qatthan,menceritakan Ahmad bin Yusuf, menceritakan Muhammad bin Yusuf berkata ia :mengucapkan akan Sufyan daripada Amru bin Maimun daripada Thawus berkata ia : "adalahkebaikan dalam berdoa begitu juga adalah kebaikan dalam makan (makanan)terletak pada garam"
Juga dikeluarkan oleh IbnAbi Syaibah dalam Musnadnya pada 7/40 dari Sahabat Abu Dzar radhiyallahu‘anhu dan juga dalam Syu'bul Iman 2/53-54 dari Sahabat Muhammad bin Wasi' radhiyallahu‘anhu dan juga seperti apa yang termaktub dalam Sunan Ibn Majah, haditsMarfu' pada bab khusus Garam nomor 3315
3.  Dalamkitab Syu’bul Iman, oleh Imam Baihaqi.
حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ ، حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ ، حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ أَبِي عِيسَى ، عَنْ رَجُلٍ ، أُرَاهُ مُوسَى ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ : سَيِّدُ إِدَامِكُمُ الْمِلْحُ.
Telah menceritakan Hisyam bin Ammar, telah menceritakan Marwan binMu'awiyyah, telah menceritakan 'Isa bin abi 'isa dari seorang lelaki (Musa)dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata ia, telah berkata Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam : "Penghulu dari segala kuah adalah Garam"
Hadits ini juga termaktub dalam Musnad Abi Ya'la 3714,Mu'jam Ibnu 'Arabi 2254, Mu'jam Al-Awsath lil Baihaqy 8854, Musnad Syihab 1327dan lain lagi, dan derajat haditsnya ialah Dhaif, namun Dhaif yang maqbul,dalam artian ianya boleh diamalkan sebagai Fadhailul A'mal.
4.  Sedangkan amalan Sahabat 'Ali radiyallahu 'anhuterhadap mencicipi garam ini, termaktub dalam kitab Syu'bul Imam lil ImamBaihaqiy pada nomor  5952 sebagai berikut :
أخبرنا أبو عبد الله الحافظ حد ثنا أبو العباس محمد بن يعقوب حد ثنا الحسن بن علي بن عفان حد ثنا زيد بن الحباب حد ثنا عيسى بن الأشعث عن جويبر عن الضحاك عن النزال بن سبرة عن علي أنه قال من ابتدأ غداءه بالملح أذهب عنه سبعين نوعا من البلاء
Telah mengabarkan Abu Abdillah al-Hafidz, telah menceritakan Abul AbbasMuhammad bin Ya'qub, telah menceritakan Hasan bin Ali bin Affan, telah menceritakanZaid bin Habbab, telah menceritakan Isa bin Asy'ats, dari Juwibar dari Dhahhakdari An-Nuzul bin Syirah dari Imam Ali radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya ia menyatakan: "Barangsiapa makan dimulai dengan garam, Allah akan menghilangkantujuh puluh jenis penyakit dari dirinya".
Derajat hadits ini juga Dha'if, namun ianya juga maqbulbisa diamalkan untuk penggerak dalam beramal.


5.   Mengamalkan Hadits Dhaif.

Imam An Nawawi rahmatullah ‘alaih mengklaim bahwa para ulama telahsepakat (konsensus) bolehnya menggunakan hadits-hadits dhaif untuk perkara fadhailula’mal tersebut. Beliau mengatakan:
وقد اتفق العلماء على جواز العمل بالحديث الضعيف في فضائل الأعمال
Para ulama telah sepakat bahwa bolehnya beramal dengan hadits-hadits dhaifdalam masalah fadhailul a’mal .. (Muqadimah Al Arbain An Nawawiyah)
Mereka yang membolehkan di antaranya adalah Imam Ahmad, Imam Al Hakim, ImamYahya Al Qaththan, Imam Abdurrahman bin Al Mahdi, Imam Sufyan Ats Tsauri, ImamAn Nawawi, Imam As Suyuthi, Imam ‘Izzuddin bin Abdissalam, Imam Ibnu Daqiq Al‘Id, dan lainnya.
Dalam pengamalannya, terjadi silangpendapat di antara ulama. Sebagian kalangan ada yang tidak membenarkan untukmengamalkan Hadts Dha'if. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Hadits tersebutbukan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.Lalu apakah sebenarnya yang disebut Hadits Dha'if itu? Benarkah kita tidakboleh mengamalkan Hadits Dha'if?
Ketahuilah, secaraumum Hadits itu ada tiga macam :
Pertama, HaditsShahih, yaitu hadits yang diriwayatkan oleh orang yang adil,punya daya ingatan yang kuat, mempunyai sanad (mata rantai orang-orang yangmeriwayatkan hadits) yang bersambung ke Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam, tidak memiliki kekurangan serta tidak syadz (menyalahi aturan umum). Para ulamasepakat bahwa hadits ini dapat dijadikan dalil, baik dalam masalah hukum,aqidah dan lainnya.
Kedua, Hadits Hasan,yakni hadits yang tingkatannya berada di bawah Hadits Shahih, karena paraperiwayat hadits ini memiliki kualitas yang lebih rendah dari para perawiHadits Shahih. Hadits ini dapat dijadikan sebagai dalil sebagaimana HaditsShahih.
Ketiga, HaditsDha'if, yakni hadits yang bukan Shahih dan juga bukan Hasan,karena diriwayatkan oleh orang-orang yang tidak memenuhi persyaratan sebagaiperawi hadits, atau para perawinya tidak mencapai tingkatan sebagai perawiHadits Hasan.
Hadits Dha'if ini terbagi menjadi dua :
Pertama, ada riwayatlain yang dapat menghilangkan dari ke-dha'if-annya. Hadits semacam ini disebutHadits Hasan li Ghairih, sehinggadapat diamalkan serta boleh dijadikan sebagai dalil syar'i.
Kedua, hadits yangtetap dalam ke-dha'if-annya. Hal ini terjadi karena tidak ada riwayat lain yangmenguatkan, atau karena para perawi hadits yang lain itu termasuk orang yangdicurigai sebagai pendusta, tidak kuat hafalannya atau fasiq.
Dalam kategori yang keduaini, para ulama mengatakan bahwa Hadits Dha'if hanya dapat diberlakukan dalam :
1) Fadha ‘ilul A’mal (Keutamaan-Keutamaan Amal) : Yaitu hadits-haditsyang menerangkan tentangkeutamaan-keutamaan amal yang sifatnya sunnah ringan, yang sama sekalitidak terkait dengan masalah hukum yang qath’i, juga tidak terkait denganmasalah aqidah dan juga tidak terkait dengan dosa besar.
2) At-Targhiib (Memotivasi) : Yaitu hadits-hadits yang berisipemberian semangat untuk mengerjakan suatuamal dengan janji Pahala dan Surga.
3) At-Tarhiib (Menakut-nakuti) : Yaitu hadits-hadits yang berisiancaman Neraka dan hal-hal yang mengerikanbagi orang yang mengerjakan suatu perbuatan.
4) Al-Qoshos : Kisah-kisah Tentang Para Nabi Dan Orang-Orang Shaleh
5) Do’a Dan Dzikir : Yaitu hadits-hadits yang berisi lafazh-lafazh do’a dandzikir.
Menurut Imam Asy-Syarkhawi dalam kitab Al-Qaulul Badi’, bahwa IbnuHajar memperbolehkan untuk mengamalkanhadits dhaif dalam bidang targhib dan tarhib dengan tiga syarat berikut:
1. Kedhaifan hadits tersebut tidaklah seberapa, yaitu: hadits itutidak diriwayatkan oleh orang-orang yangdusta, atau yang tertuduh dusta atau yang sering keliru dalam meriwayatkanhadits.
2. Keutamaan perbuatan yang terkandung dalam hadits dhaif tersebut sudah termasuk dalam dalil yang lain (baik Al-Qur’an maupunhadits shahih) yang bersifat umum, sehingga perbuatan itu tidak termasukperbuatan yang sama sekali tidak mempunyai asal/dasar.
3. Tatkala kita mengamalkan hadits dhaif tersebut, janganlah kita mengi’tiqadkan bahwa perbuatan itu telah diperbuatoleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam atau pernah disabdakanbeliau, yaitu agar kita tidak mengatas namakan sesuatu pekerjaan yangtidak diperbuat atau disabdakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
Bahkan ada sebagian ulamayang mengatakan bahwa telah terjadi ijma' di kalangan ulama tentang kebolehanmengamalkan Hadits Dha'if jika berkaitan dengan fadha'ilul a'mal ini. Sedangkandalam masalah hukum, tafsir ayat Al-Qur' an, serta akidah, maka apa yangtermaktub dalam hadits tersebut tidak dapat dijadikan pedoman. Sebagaimana yangdisitir oleh Sayyid 'Alawi al-Maliki dalam kitabnya Majmu' Fatawi wa Rasa'il :
"Para ulama ahli Hadits danlainnya sepakat bahwa Hadits Dha'if dapat dijadikan pedoman dalam masalah fadha'ilal-a’mal. Di antara ulama yang mengatakannya adalah ImamAhmad bin Hanbal, Ibn Mubarak, dan Sufyan, al-Anbari serta ulama lainnya.(Bahkan) Ada yang menyatakan, bahwa mereka pernah berkata: Apabila kamimeriwayatkan (Hadits) menyangkut perkara halal ataupunyang haram, maka kami akan berhati-hati. Tapi apabila kami meriwayatkan Haditstentang fadha'il al-a’mal, maka kamimelonggarkannya". (Majmu' Fatawi wa Rasa'il251)
Diriwayatkan dari sebagian besar fuqoha’ yaitu kebolehan beramal dengan hadits dhoif secara mutlak, jika tidakditemukan hadits selainnya dalam sebuah tema atau pembahasan. Pendapat inidiriwayatkan dari Abu Hanifah, Syafi’i, Malik dan Ahmad. Meskipun khususuntuk Imam Ahmad, pendapat seperti ini bisa dipahami karena menurut beliaupembagian hadits adalah Shahih dan Dhaif saja, sehingga sangatmemungkinkan yang dimaksud Imam Ahmad di sini adalah hadits dhoif yangbernilai hasan.
Namun begitu, kebolehan ini harusmemenuhi tiga syarat :
Pertama, bukan haditsyang sangat dha'if. Karena itu, tidak boleh mengamalkan hadits yangdiriwayatkan oleh orang yang sudah terkenal sebagai pendusta, fasiq, orang yangsudah terbiasa berbuat salah dan semacamnya.
Kedua, masih beradadi bawah naungan ketentuan umum serta kaidah-­kaidah yang universal. Dengankata lain, hadits tersebut tidak bertentangan dengan kaidah-kaidah agama, tidaksampai menghalalkan yang haram atau mengharamkan yang halal.
Ketiga, tidak berkeyakinan bahwa perbuatan tersebut berdasarkan Hadits Dha'if,namun perbuatan itu dilaksanakan dalam rangka ihtiyath atau berhati-hati dalam masalah agama.
Maka, dapat kita ketahui, bahwa kitatidak serta merta menolak Hadits Dha'if. Dalam hal-hal tertentu masihdiperkenankan mengamalkannya dengan syarat-syarat sebagaimana disebutkan diatas.
6.  
ManfaatGaram Bagi Kesehatan.
Baik Pengobatan Cina (TCM – TraditionalChinese Medicine) yang tradisional, maupun Kedokteran Barat yang modernmengakui peranan garam yang luar biasa penting bagi kesehatan sesuai dengansudut pandangnya masing-masing. Bahkan Kedokteran Modern menyodorkan banyaksekali bukti ilmiah yang kredibel dan tak terbantahkan.
KedokteranModern
Berikut saya kutipkan artikel yang dipublikasikandalam http://www.saltinstitute.org/ yangmenjelaskan manfaat garam bagi kesehatan manusia dari sudut pandang KedokteranModern.
Garam menyediakan dua elemen pentingbagi kehidupan dan kesehatan yaitu sodiumdan chloride ions. Dua elemen yangtidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh sehingga mesti disuplai melaluimakanan. Meskipun garam merupakan sumber makanan yang paling umum untuk keduaelemen tersebut, sodium juga dapatdiperoleh dari bermacam-macam makanan yang mengandung sodium secara alamiah.
Sodiumadalah unsur mineral yang berperan penting dalam fisiologi tubuh. Ia mengontrolvolume cairan dalam tubuh dan membantu memelihara tingkat asam-basa. Sekitar 40% sodiumtubuh tersimpan di tulang, sebagian ditemukan dalam organ-organ dan sel-sellainnya dan 55% sisanya tersimpan dalam plasma darah dan cairan antar sel. Sodium juga berperan sebagai transmisielektronik dalam saraf dan membantu sel-sel tubuh membentuk nutrisi, sertamemelihara tekanan darah.
Chlorideionsjuga membantu memelihara volume darah, tekanan darah, dan pH cairan tubuhdengan tepat. Chloride merupakan anion extracellular yang utama danberkontribusi terhadap cairan tubuh termasuk menjaga tekanan darah,keseimbangan asam-basa, aktifitasotot, dan pergerakan air diantara bagian-bagian cairan tubuh. Chloride ions disekresikan dalam getahlambung sebagai asam hydrochlori,yang secara alamiah menghasilkan asamyang diperlukan untuk pencernaan makanan.
Beberapa manfaat garam bagi kesehatantubuh adalah:
·         TekananDarah. Mengaturvolume dan tekanan darah termasuk kelenturan pembuluh darah. Konsumsi garamyang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah.
·         SistemSaraf.Mempengaruhi Sistem Saraf. Sodium danchloride ions berperan penting dalammenyalakan neuron-neuron dalam system saraf. Perubahan dalam konsentrasi sodium dan chloride ions menimbulkan sebuah gerak potential untuk menyalakan,memungkinkan neuron mengirim signal ke sel-sel lain yang berhubungan dengannya.Hasil pengiriman signal yang tepat ke seluruh tubuh diperlukan untukmendapatkan seluruh reaksi fisiologis termasuk gerakan mekanis otot-otot.Perubahan konsumsi garam berdampak minimal pada system saraf. Hanya padatingkat defisiensi sodium yangekstrim akan memberikan reaksi peringatan pada system saraf.
·         Metabolisme(Sistem Pencernaan). Hampir semua garam yang terkandungdalam makanan atau minuman dengan cepat diserap dari Usus Kecil dan dengancepat pula sampai ke system peredaran darah dan ruang jaringan antar sel (the extracellular space of tissues).Selama pertumbuhan yang cepat, sejumlah besar sodium diserap system kerangkadan jaringan-jaringan lain. Setelah dewasa, pada orang yang sehat, seluruhgaram yang diperoleh, tanpa menghiraukan kuantitas, dikompensasi denganpengeluaran harian dari kuantitas yang sama melalui saluran-saluran pengeluarannormal tubuh kita. Sebenarnya, Ginjal kita mampu menyaring sejumlah sodium yangluar biasa besarnya dalam sehari (sehari sama dengan 6 pound garam).
·         Peran Hormondalam Pengaturan Sodium. Hormon Steroid disekresikan olehadrenal cortex yang mengatur keseimbangan air dan electrolytes dalam tubuh.Aldosterone yang bekerja pada distaltubule dan menghimpun saluran-saluran Ginjal, berfungsi meningkatkan dayaserap (permeability) dari selaput-selaput bagian dalam terhadap sodium danpotassium dan bertangggung jawab atas penyerapan kembali sodium (Na+) ions danair dari urine kembali lagi ke darah, sambil mengeluarkan potassium (K+) ionske dalam urine. Aldosterone bertanggung jawab atas penyerapan kembali secarasebenarnya seluruh sodium yang terkandung dalam darah manusia di bawah fungsifiltrasi ginjal yang normal. Aldosterone juga berfungsi sebagai receptorskhusus di otak untuk memelihara air dan garam dengan mengontrol renal tubular resorption.
·         Para Ahlimenduga bahwa tingkat asupan garam berhubungan dengan kesehatan organ yang laindi samping kesehatan cardiovascular. Beberapa yang telah dibuktikan adalah: hyponatremia, diabetes. kanker, asma,osteoporosis dan obesitas.
Pengobatan Cina Tradisional
Untuk memahami manfaat garam bagikesehatan dari sudut pandang Pengobatan Cina Tradisional, kita perlumenganalisisnya dengan menggunakan TeoriWuxing (Lima Unsur), khususnya dari kaca mata Rangkaian Kosmologi. Menurut TeoriLima Unsur setiap makanan atau herbal memiliki sebuah rasa tertentu yangberhubungan dengan salah satu dari kelima unsur. Lima rasa tersebut adalah: asam untuk Kayu, pahit untuk Api, manis untukTanah, pedas untuk Logam dan asin untuk Air. Setiap makanan atauherbal diklasifikasikan ke dalam salah satu dari kelima rasa tersebut.
TeoriLima Unsurmenjelaskan juga adanya hubungan saling mempengaruhi diantara fenomena alam danorgan tubuh manusia yang tergolong ke dalam unsur yang sejenis, dan jugahubungan menghidupi dan mengekang yang terjadi diantara fenomena dan organtubuh manusia yang tergolong ke dalam unsur-unsur yang berlainan jenis,berdasarkan prinsip keseimbangan yang dinamis.
Garam yang esensinya adalah rasa asinadalah makanan yang bersesuaian (korespondensi) dengan unsur Air, yang bersifatdingin, lembab, mengalir ke bawah dan berfungsi menumbuhkan pohon. Olehkarenanya garam yang memiliki sipat dan fungsi mengalir ke bawah, melembabkan,berefek pencahar, melunakkan kekerasan dan digunakan untuk mengobati konstipasidan bengkak, digolongkan ke dalam unsur Air. Begitu juga dengan Ginjal (shen),organ yang bersipat dingin, melembabkan, mengurangi dan berfungsi menyimpanJing (partikel kecil yang sangat penting) serta sebagai pemberi nutrisi danpenyiram, dikelompokkan ke dalam unsur Air. Bagian-bagian tubuh manusia lainnyayang digolongkan ke dalam unsur Air adalah KandungKemih, jaringan tulang, emosi takut, dan panca indera telinga.
Berdasarkan analogi Lima Unsur terlihat bahwa antara rasa asin dengan Ginjal, dan juga organtubuh lainnya tergolong unsur Air memiliki hubungan saling mempengaruhidiantara mereka. Ketika garam yang berasa asin dikonsumsi secara berlebihan,rasa asin tersebut akan berefek negatif pada Ginjal, Kandung Kemih, tulang,emosi takut dan telinga, disamping dapat mengeringkan Darah, dan oleh karenanya harus dihindari oleh mereka yangmenderita Defisiensi Darah.
Dalam buku The ‘Spiritual Axis’ bab 56 yang membahas pengaruh lima rasa,dikatakan:
Rasaasam menuju ke Hati, rasa Pahit menuju ke Jantung, rasa manis menuju ke Limpa,rasa pedas menuju ke Paru-paru, rasa asin menuju ke Ginjal…jika Hati sakit,seseorang tidak boleh memakan makanan dengan rasa pedas, jika Jantung sakit,seseorang tidak boleh memakan makanan dengan rasa asin, jika Limpa sakit,seseorang tidak boleh memakan makanan dengan rasa asam, jika Ginjal sakit,seseorang tidak boleh memakan makanan dengan rasa manis, jika Paru-paru sakit,seseorang tidak boleh memakan makanan dengan rasa Pahit.
Jadi, jika suatu organ sakit, seseorangharus menghindari rasa yang berhubungan dengan Unsur yang mengekang organ itusepanjang rangkaian Hukum Mengekang. Sebagai contoh, rasa asin yang berunsurAir. Air mengekang Api dan oleh karena itu berlebihan rasa asin bisa melukaiJantung yang berunsur Api (cukup menarik, serupa dengan pandangan KedokteranBarat tentang konsumsi garam yang berlebihan). Sebaliknya, setiap organ diberinutrisi (makan) oleh rasa dari Unsur yang ia kekang. Sebagai contoh, Tanah(Limpa) yang mengekang Air, asin adalah rasa yang bersesuaian dengan Air, olehsebab itu garam yang identik dengan rasa asin menguntungkan Limpa.
Dari analisis Lima Unsur di atas dapatdisimpulkan bahwa garam atau rasa asin mempengaruhi organ Ginjal, Limpa danJantung. Positip atau negatipnya pengaruh tersebut ditentukan oleh sedikit ataubanyaknya asupan garam yang kita konsumsi. Bila organ-organ tubuh yangdipengaruhi rasa asin itu kita lihat dengan kaca mata Rangkaian Kosmologi Lima-Unsur barulah tergambar dengan jelasbetapa luar biasa pentingnya manfaat garam bagi kesehatan manusia. Karenaorgan-organ yang dipengaruhi oleh garam, adalah organ-organ yang dalam Rangkaian Kosmologi Lima-Unsur memegangperanan sebagai; Air (Ginjal) sebagaifondasi; Sumbu Kidneys- Heart;Lambung dan Limpa sebagai Pusat;Lambung dan Limpa sebagai pendukung bagi Jantung; Tanah sebagai pusat lingkaran musim dan Sumbu Jing-Qi-Shen (Saripati-Qi-Mind).

7.  Manfaat Garam Yodium yangBikin Tubuh Sehat

Makan tanpa garam itu hambar, tidak enak. Selain memperkuat rasa danmemberikan rasa nikmat pada makanan, kandungan sodium pada garam juga berfungsipenting untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu memperkuatotot, dan membantu fungsi saraf.
Sejak beberapa tahun silam, pemerintah mengampanyekan penggunaan garamberyodium kepada masyarakat. Yodium atau Iodium dalam istilah kimia adalahsejenis elemen mineral mikro. Yodium sebetulnya tidak hanya terdapat dalamgaram, namun masyarakat umumnya mengenal yodium ada di dalam garam.
Berikut ini adalah 10 manfaat garam beryodium bagi kesehatan tubuh:
1. Membantu pemeliharaan kelenjar tiroid
Kelenjar tiroid berperan penting dalam pengaturan metabolisme tubuh.
2. Membantu menghindarkan penyakit gondok, gangguanpendengaran, tubuh cebol, dan semangat rendah

3. Mencegah penyimpanan lemak secara berlebih
Yodium mampu memanfaatkan kalori secara optimal, sehingga lemak cepatterpakai .
4. Membantu menghilangkan racun dari tubuh
Racun kimia yang bisa dikeluarkan oleh garam beryodium antara lain: airraksa, fluoride, dan racun biologisi lainnya.
5. Membantu proses pertumbuhan rambut
Kekurangan yodium dapat menyebabkan rambut rontok.
6. Memaksimalkan metabolisme tubuh dalam memanfaatkankalsium

7. Membantu kenormalan proses pertumbuhan dankematangan organ reproduksi
Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi yodiumsesuai kebutuhan agar janin dapat bertumbuh dengan baik.
8. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Mengapa? Karena garam beryodium bisa mencegah perkembang biakan bakteri yang merugikan di dalam perut.
9. Mengurangi sakit gigi dan bau mulut
Kebiasaan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garamakan mengurangi rasa berdenyut saat sakit gigi dan bau mulut yang tidak sedap.
10. Menghilangkan pegal di kaki
Merendam kaki dalam campuran air hangat dan garam dapat mengenyahkankaki pegal. Lakukan bergantian dengan rendaman air dingin. Kaki Anda akan pulihseperti sedia kala.
8.  Manfaat Garam Lainnya bagi Kulit dan Tubuh.
Liputan6.com, Jakarta: Siapa bilang garam hanya dapat digunakan sebagai bumbu penyedap? Garam masihmemiliki sisi lain yang menguntungkan dan mungkin banyak dari kita yang belummengetahuinya. Garam dapat dijadikan sebagai produk perawatan kulit dan tubuh.Apa saja? Berikut beberapamacam penggunaan garam yang baik bagi kulit dan tubuh, seperti dilansir Organic Authority, Selasa(30/7/2013):
1. Mandi
Garam bisadigunakan untuk berendam, rasanya seperti ketika kita berenang di laut.Masukkan secangkir garam dapur ke air dalam bak mandi Anda. Harumkan denganminyak esensial atau herbal kering kesukaan Anda. Merendamkan tubuh ke dalamair garam dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan meminimalisir rasa pegalpada otot dan sendi.
2. Scrub
Garammengandung exfoliant alami yang dapat menghaluskan kulit Anda. Jika Andamemiliki kulit kering, cobalah untuk menggunakan scrub garam. Siapkanseperempat cangkir garam dan setengah atau tiga per empat cangkir minyak almondatau wijen. Campurkan keduanya dan tambahkan 20 tetes minyak esensial favoritAnda untuk memberikan aroma. Gunakan seperti ketika Anda menggunakan scrub padaumumnya.
3. Masker
Bagi Anda yangmemiliki kulit berminyak atau berjerawat, tak ada salahnya untuk menggunakanmasker garam. Jenis masker ini dapat mengurangi peradangan kulit,menyeimbangkan kadar minyak, dan mempercepat penyembuhan kulit dari jerawat.Larutkan satu cangkir kecil garam ke dalam air hangat. Lalu, masukkan tigasendok makan madu murni. Campurkan semuanya. Setelah itu, oleskan ke wajah Andadan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.
4. Deodoran
Garam dapatmembunuh bakteri penyebab bau. Untuk itu, garam sangat berguna jika dibuatdeodoran. Namun, jika Anda baru saja mencukur bulu pada ketiak Anda, jenisdeodoran ini akan memberikan sengatan kecil pada pori-pori kulit Anda.
5. Pasta gigi
Pasta gigiyang terbuat dari garam ternyata lebih baik daripada jenis pasta gigi lainnya.Sebab, garam memiliki sifat antibakteri. Campurkan baking soda dan garam dapurdengan takaran 3 banding 1. Anda dapat membuatnya dalam bentuk bubuk atau pasta.Tambahkan beberapa tetes minyak esensial beraroma mint atau cengkeh. Ini hanyamembutuhkan cara yang sederhana, mudah, murah, dan efektif.
6. Obat kumur
Berkumurdengan air garam dapat menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Memang adabanyak jenis obat kumur di luar sana, namun jenis obat kumur ini lebih sehatdan lebih baik bagi tubuh. Obat kumur garam tidak mengandung bahan kimia jahat.Selain itu, obat kumur garam cukup efektif untuk membunuh bakteri pada mulutAnda. Jangan lupa untuk menambahkan satu atau dua tetes minyak esensialpeppermint atau spearmint jika Anda ingin mendapatkan rasa segar seperti mint.
7. Pembersihhidung
Anda harusrutin membersihkan hidung untuk meningkatkan pernapasan dan mengurangi risikoalergi atau infeksi sinus. Masukkan air ke dalam neti pot dan tambahkan sedikitgaram laut. Tuangkan ke dalam lubang hidung sambil memiringkan kepala agar airdapat memasukki rongga hidung. Tundukkan kepala Anda ke bawah dan miringkankepala ke sisi yang lain.
8. Perawatanluka
Sifat antimikrobadalam garam menjadikannya sebagai salah satu pengobatan yang efektif untuk lukakulit. Apabila luka Anda mengalami pendarahan, tunggu hingga darah tidak keluarsama sekali. Setelah itu, gosokkan garam ke luka. Ini dapat membersihkan lukadari kuman bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.
9.   Jerawatmemang ‘musuh’ yang paling menyebalkan buat cewek remaja. Ada banyak cara untukmengobati jerawat, mulai dari obat dokter sampai yang menggunakan bahan alami,seperti masker air garam.
Caranya mudah dilakukan dan nggakribet. Setelah mencuci wajah dengan bersih, siapkan segelas air hangat dantambahkan 1 sdt garam, hingga air terasa sangat asin. Ambil kapas wajah danrendam selama satu menit. Kemudian, mulailah untuk menekan jerawat secaralembut dengan kapas selama beberapa menit. Lakukan setiap hari sampai jerawatmenghilang.
Selain itu, air garam juga dapat kamucampurkan dengan buah-buahan seperti belimbing dan tomat. Tumbuk halus keduabuah tersebut kemudian campurkan dengan air garam. Setelah itu, oleskan padabagian wajah yang berjerawat selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas denganair hangat. Selamat mencoba! Selain manfaat airgaram untuk jerawat, manfaat air garam untuk wajah, juga bisa untuk manfaat airgaram untuk luka.
10.      Manfaatair garam untuk pembersih garam
Campur 1 sdt garamtambahkan minyak zaitun dalam wadah. Gunakancampuran garam dan zaitun sebagai pembersih dengan pijatan lembut pada sekitar daerah wajah danleher.
11.      Manfaatair garam sebagai Eksfoliator
Sehabis mandi, saat tubuhmasih basah. Ambil segenggam garam, gosokkan secara lembut pada seluruh tubuh. Itu bermanfaat dalammeluruhkan sel kulit mati membuat kulit terasa halus dan lembut.
12.      Manfaatair garam untuk merawat kulit berminyak
Campurkan 1 sdt garam danair hangat, masukkan ke dalam botol spray kecil. Semprotkanlah ke wajah. Keringkan dengan caramenepuk-nepuk dengan menggunakan handuk. Larutan air garam mampudan memiliki manfaat mengurangi minyak pada wajah.
13.      Manfaatair garam untuk mata lelah
Larutkan 1/4 sdt garamdan 1/2 liter air hangat.Basuhkan larutan ke mata yang lelah.Untukmenghilangkan gembung pada mata, larutkan 1 sdt garam dengan 1 l air hangat,celupkan kapas, taruh pada mata sambil berbaring dan rileks.
9.  Manfaat Garam Lainnya.
Mengusir Semut
Taburi garamdi depan pintu masuk rumah, jendela atau tempat lain yang jadi jalan semutmasuk ke dalam rumah.  Garam akan membuat semut-semut menjauh!
MembunuhTanaman/Rumput Liar
Kadang capekyah membersihkan rumput dihalaman, atau tanaman yang kita inginkan tergangguoleh rumput atau tanaman liar. Nah garam bisa menyelamatkan kita dari kelelahanmencabut rumput dan tanaman liar itu. Caranya taburkan garam pada rumput atautanaman liar, lalu siram dengan air yang sangat panas. Cara ini enggak cumaefektif membunuh tanaman liar tapi juga sangat ramah lingkungan serta murah.
Sampai JumpaKutu!
Punya anjingpeliharaan paling enggak asik kalau kutuan. Nah garam bisa membantu mengusirpara kutu itu. Caranya mandikan anjing peliharaanmu dan cuci selimut atau alastidurnya dengan air garam. Kutu bakal kabur deh. Kalau kuatir kutu bakal masukke rumah, lagi-lagi gunakan garam. Taburkan garam halus di karpet  yangbiasanya jadi tempat main anjingmu dan lalu sikat. Lalu biarkan selama 12 jam,dan kemudian sedot dengan penyedot debu atau vacuum cleaner.
MembersihkanBekas Tumpahan Telur
Kalau telurmentah pecah dan jatuh ke lantai, susah deh membersihkannya. Soalnya lengket!Nah taburi garam pada bekas telur itu, tunggu 20 menit. Nah setelah itu jadigampang deh membersihkannya.
MembersihkanKotoran di Oven
Kalau adonankue tumpah di oven, taburi segenggam garam pada tumpahan itu. Nah maka nantiketika oven digunakan tidak bakal muncul asap atau bau hangus akibat tumpahanitu. Dan yang lebih penting lagi nih, kotoran itu akan lebih mudah dibersihkansaat oven dingin.
MembersihkanNoda pada Setrika
Taburkan garampada selembar kertas lilin, gosok setrika pada kertas itu, lalu sikatsetrika.  Setrika bakal jadi kelihatan seperti baru! Karena noda lenyap.
MembersihkanNoda dari Teko Kopi
Menyebalkanmelihat teko kopi yang menghitam.  Tapi berkat garam, noda itu bisadibersihkan. Masukkan seprempat sendok garam meja dan es batu.  Aduk-aduk,biarkan sekitar setengah jam, lalu masukkan air dingin dan bilas. Teko kopi,bakal kinclong alias bersih lagi.
MembersihkanKulit Ari Kacang
Kacang tanah,atau kacang apapun, punya kulit ari. Nah buat membersihkannya dengan mudahrendam kacang itu dalam air garam.
10.  Penutup
Saya harap tulisanini bisa meyakinkan pembaca untuk tidak ragu lagi menjilat garam dapur setiapkali hendak makan sebagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang murah meriah.Dan ssst…ini rahasia, untuk penggemar gule atau semur jengkol, ternyata menjilatgaram dapur sebelum makan bisa mengurangi bau menyengat yang biasa menyertaiair kemih kita sehabis mengkonsumsi makanan favorit tersebut. Mulaisekarang, tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan semangkuk kecil garamdapur bersamaan dengan hidangan makanan lainnya di meja makan anda.

Sumber : http://resmalayu.blogspot.com/2013/12/sunnah-mencicipi-garam-garam.html#dtgKv2hHAicyjVk8.99



Tidak ada komentar:

Posting Komentar