Minggu, 19 Juni 2016

Pengaruh Ion Pada Fungsi Jantung

Pengaruh Ion Pada Fungsi Jantung

1.Pengaruh Ion Kalium : Kelebihan dalam cairan ekstrasel menyebabkan jantung dibatasi dan lemas, serta frekuensi jantung melambat. Kelebihan yang sangat besar akan menghambat hantaran implus jantung dari atrium  ke vventrikel, selain itu intensitas potensial aksi juga berkurang.

2.Pengaruh Ion Kalsium : Kelebihan ion kalsium berlawanan dengan efek kalium, menyebabkan jantung berkontraksi spastis sehingga meransang proses kontraksi jantung, sedangkan defisiensi menyebabkan jantung lemas.

3.Pengaruh Ion Natrium : Kelebihan dapat menakan fungsi jantung, semakin besar konsentrasi ion natrium dalam cairan ekstrasel, semakin berkurang efektifnya ion kalsium. Konsentrasi  ion natrium sangat rendah dan dapat menyebabkan kematian karna fibrilasi jantung (kontraksi terkoordinasi).

4.Pengaruh Suhu pada Jantung :  Peningkatan suhu menyebabkan peningkatan frekuensi jantung  makin besar, sedangkan penurunan suhu akan mengurangi frekuensi. Hal ini terjadi akibat peningkatan permeablitas (kemampuan menyaring) membran otot terhadap berbagai ion. Peningkatan suhu yang lama akan melelahkan jantung dan kelemahan jantung.
Sumber : http://worldhealth-bokepzz.blogspot.co.id/2012/06/pengaruh-ion-pada-fungsi-jantung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar