Sabtu, 04 Juni 2016

Nutrisi untuk Tulang Kuat dengan Manfaat Rumput Laut

Nutrisi untuk Tulang Kuat dengan Manfaat Rumput Laut

Advertisement
Rumput laut yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Codium Fragile merupakan anggota dari keluarga alga (ganggang). Di wilayah Indonesia, rumput laut cukup banyak dibudidayakan untuk akhirnya diolah menjadi makanan. Apakah Anda tahu apa saja manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh yang biasanya diolah menjadi sup ini?

manfaat rumput laut

Olahan rumput laut dapat dimanfaatkan sebagai salah satu asupan sayuran bagi tubuh. Menurut Departemen Pertanian AS, rumput laut ini dapat memenuhi asupan gizi jika dikonsumsi sebanyak 17.5 cangkir untuk wanita dan 21 cangkir untuk pria. Seperti layaknya sayuran pada umumnya, rumput laut ini dapat menyediakan nutrisi yang penting untuk tubuh.

Manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh lainnya yakni untuk menutrisi tulang ini karena adanya kandungan vitamin K, dan kalsium yang berlimpah dalam rumput laut. Selain itu rumput laut mengandung kalsium, zat besi, serat alami, asam lemak omega 3, dan yodium.
    Mineral yang paling banyak terdapat di tubuh manusia adalah kalsium. 99% kalsium terdapat pada jaringan keras,seperti tulang dan gigi. Sedangkan 1% kalsium terdapat pada darah dan jaringan lunak. Kebutuhan 1% kalsium dalam darah diambil dari makanan yang Anda makan atau dari tulang. Jadi, tulang dan gigi adalah cadangan kalsium dalam tubuh.

    Jika darah tak mendapat asupan kalsium yang cukup, darah akan mengambil kalsium dari tulang. Hal inilah yang menjadi awal penyebab pengeroposan tulang. Selain kalsium, tulang juga membutuhkan asupan vitamin K karena diperlukan untuk kesehatan tulang dan darah.
    Advertisement
    Vitamin K ini diperlukan ketika tubuh mengubah protein tulang tertentu sehingga kalsium dapat disimpan dengan benar. Tanpa adanya vitamin K ini, kalsium tak mungkin dapat disimpan dengan baik. Nah, kandungan kalsium dan vitamin K ini cukup banyak ada di rumput laut.

    Tak hanya untuk tulang, namun manfaat rumput laut untuk wajah. Salah satunya yakni dapat memutihkan wajah anda secara alami. Selain itumanfaat rumput laut untuk kecantikan dapat anda dapatkan karena dapat digunakan sebagai bahan kosmetik.

    Adapun berikut ini beberapa manfaat lain dari rumput laut untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

    • Mencegah Anemia


    Manfaat lain dari rumput laut yaitu dapat mencegah terkena anemia. Semua itu di sebabkan karena kandungan mineral yang terdapat dalam rumput laut yang bermanfaat dalam menstabilkan sel darah, serta juga dapat meningkatkan jumlah sel  darah merah di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi 200 gr  rumput laut setiap harinya dapat mencegah dari anemia.
    • Mencegah Kanker
    Rumput laut memiliki banyak kandungan Vitamin C yang di mana sangat bermanfaat dalam menangkal sel kanker di dalam tubuh. Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam rumput laut juga bermanfaat dalam merawat kecantikan pada kulit agar kulit menjadi lebih cerah dan lembab lagi.

    • Mencegah Tulang Keropos
    Kandungan Kalsium yang tinggi yang terdapat dalam rumput laut jauh lebih tinggi bahkan lima kai lipat  di banding dengan kandungan kalsium yang terdapat pada susu. Kalsium merupakan suatu zat yang sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya terkena osteoporosis atau keropos tulang. maka dari jika bagi anda yang tidak terlalu menyukai susu, dapat mengantinya dengan lebih banyak mengkonsumsi rumput laut.


    Demikian beberapa manfaat rumput laut yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.

    Sumber :http://www.manfaatbanget.com/2015/04/manfaat-tumbuhan-rumput-laut.html

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar