Minggu, 19 Juni 2016

Manfaat Kalium

Manfaat Kalium – Kalium merupakan salah satu unsur penting yang diperlukan untuk kesehatan yang baik. Ada beberapa manfaat kalium yang kita tidak menyadarinya. Bramardianto.com menuliskan artikel tentang manfaat kalium bagi tubuh kita. Baca terus …
Kalium, Manfaat Kalium, Manfaat Kesehatan Kalium
Mineral membentuk sekitar 4% dari total massa tubuh kita. Mineral yang berbeda diperlukan untuk melakukan fungsi yang berbeda dalam tubuh. Beberapa dari mereka adalah kalsium, zat besi, fosfor, kalium dan magnesium. Kalium adalah mineral melimpah ketiga yang ditemukan dalam tubuh kita. Sekarang Anda pasti bertanya-tanya apa peran kalium untuk tubuh kita? Hal ini diperlukan untuk pengaturan berbagai fungsi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Manfaat Kesehatan Kalium

Tubuh kita tidak dapat menyimpan kalium dan karenanya membutuhkan persediaan konstan. Kebutuhan sehari-hari dapat dipenuhi melalui diet atau suplemen kalium. Dalam kasus apapun, kita harus ingat untuk hanya mengkonsumsi jumlah kalium yang diperlukan, karena bisa ada beberapa efek samping dari kadar kalium yang tinggi dalam darah.
Elektrolit
Kalium bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh, dan membantu membalikkan kerja dari sodium pada tekanan darah. Keseimbangan yang tepat antara kalium dan natrium mengatur tekanan darah dan detak jantung. Jadi kalium berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dan dapat bermanfaat bagi mereka dengan hipertensi.
Kadar Cairan Tubuh
Ia mengatur keseimbangan air tubuh dan juga mempertahankan tingkat cairan tubuh. Ini adalah salah satu manfaat terbesar dari mineral ini karena tingkat cairan tubuh memainkan peran penting dalam kinerja beberapa fungsi. Kalium juga menjaga keseimbangan pH tubuh.
Otot
Kalium hadir dalam tubuh sebagian besar antarsel. Pergerakan antar kalium dari sel-sel otot ke dalam cairan ekstraselular penting untuk kontraksi dan relaksasi mekanisme jaringan otot. Hal ini diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat dari otot. Kekurangan kalium dapat menyebabkan kelemahan otot.
Energi
Konversi asam amino pada protein dan glukosa ke glikogen membutuhkan partisipasi kalium. Karena ini adalah sumber energi tubuh, kandungan kalium yang memadai dapat menjaga dari kelelahan otot dan kram kaki. Ini juga merupakan bagian dari banyak proses metabolisme dan membantu dalam pemanfaatan yang tepat dari energi yang dilepaskan selama proses metabolisme.
Ramah Jantung
Fungsi jantung sangat tergantung pada kalium. Kalium adalah mineral yang ramah jantung dan membantu jantung dalam memompa darah. Dia mengontrol tekanan darah dan juga meminimalkan risiko serangan jantung.
Ginjal
Kalium membantu ginjal dalam penghapusan limbah beracun oleh proses ekskresi. Hal ini penting untuk detoksifikasi tubuh.
Otak
Kalium sangat penting untuk kerja normal dari otak. Ia memelihara konduktivitas listrik dari otak dan juga terlibat dalam fungsi seperti belajar dan membantu daya ingat. Hal ini juga mencegah terjadinyastroke.
Selain fungsi tersebut, kalium juga membantu untuk mengurangi stres mental dan kecemasan. Ini membantu dalam mengendalikan sakit kepala dan migrain. Kalium membantu dalam penyembuhan lebih cepat dari memar dan luka, dan juga membantu untuk menyembuhkan luka bakar.
Pastikan untuk menyertakan jumlah yang tepat kalium dalam diet Anda untuk mencegah berbagai gangguan yang berkaitan dengan kekurangan kalium. Sertakan suplemen kalium hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda, karena asupan berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.
Sumber : http://bramardianto.com/manfaat-kalium.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar