Kegunaaan Kalium bagi kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat kalium bagi kesehatan tubuh manusiaHari ini, tak hanya ahli kesehatan saja yang tahu apa itu kalium/potassium, bahkan sebutan ini mungkin sudah tak asing didengar oleh banyak masyarakat. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa itu kalium, dan kegunaannya bagi kesehatan, disini marilah kita kupas bersama.


Kelebihan dan kekurangan kalium

Kalium atau potassium  yang memiliki simbol (K), adalah mineral yang sangat penting untuk banyak fungsi tubuh manusia. Kalium efektif untuk membuat semua sel, jaringan, dan seluruh organ dalam tubuh manusia bisa berfungsi dengan baik. Mineral ini juga merupakan elektrolit, yaitu zat yang akan melaksanakan fungsi listrik dalam tubuh, yang bekerja bersama dengan natrium, klorida, kalsium, dan magnesium. Kalium juga sangat penting untuk fungsi jantung, serta menjaga fungsi otot dan pencernaan yang normal. Pada umumnya orang mendapat asupan kalium adalah dari diet sehat yang banyak sayuran dan buah-buahan. Kalium banyak ditemukan dari makanan yang mengandung kalium, seperti daging, beberapa jenis ikan seperti salmon dan  cod, serta buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan serta susu dan semua produk susu.
Berlebihan kadar kalium dalam darah disebut dengan hiperkalemia, sedangkan orang yang kekurangan disebut mengalami hipokalemia. Keseimbangan jumlah kalium dalam tubuh tergantung dari jumlah sodium dan magnesium dalam darah. Misalnya, terlalu banyak mengkonsumsi natrium (biasanya diet tinggi garam), bisa meningkatkan kebutuhan akan kalium. Kondisi kesehatan seperti Diare, muntah, keringat berlebihan, kekurangan gizi, juga dapat menyebabkan tubuh kekurangan kalium. Penggunaan jenis obat tertentu seperti obat jantung juga bisa menjadi penyebab. Pengaruh dari minuman yang bersifat diuretik, seperti kopi dan bir juga akan menguras kalium dalam tubuh kita.

Hyperkalemia

Hyperkalemia atau kelebihan kalsium kebanyakan dialami orang tua, karena ginjal mereka akan mengalami penurunan fungsi untuk menghilangkan kelebihan kalium dalam darah seiring bertambahnya usia. Untuk itu para Orang tua harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mempengaruhi kadar kalium.

Hipokalemia

Hipokalemia adalah sebutan dari kondisi tubuh kekurangan kalium atau kalium rendah. Gejala dari hipokalemia meliputi, tubuh lemah, kurang tenaga, kram otot, gangguan perut, detak jantung tidak teratur, dan fungsi jantung yang tak normal. Hipokalemia jarang disebabkan oleh karena diet, tetapi lebih sering karena tubuh kehilangan banyak kalium melalui urin. Dalam kasus yang lain, kekurangan kalium juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu pada usus yang mengganggu penyerapan nutrisi.
Hipokalemia bukanlah kondisi yang bisa dianggap enteng, karena jika berlanjut bisa mengancam jiwa. Oleh karena itu, penderita hipokalemia harus selalu dirawat oleh dokter. Agar terhindar dari hipokalemia, sebaiknya melakukan diet sehat kaya sayur, buah, biji bijian dll. Selain itu, hindari gaya hidup yang tidak sehat, yang bisa merugikan kadar kalium, seperti minuman keras, kurangi kopi, atau minum obat tanpa petunjuk yang benar khususnya oleh dokter.

Manfaat kalium

Selain untuk menghindari gejala hipokalemia, kalsium memiliki banyak kegunaan penting bagi tubuh Kita.

Kesehatan Tulang

Studi menunjukkan adanya hubungan positif antara makanan yang kaya kalium dan kesehatan tulang. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa  konsumsi makanan yang kaya kalium kemungkinan akan mencencega osteoporosis.

Tekanan Darah Tinggi

Ada banyak studi yang mengaitkan rendahnya asupan kalium dari diet dengan tekanan darah tinggi. Ada bukti bahwa suplemen kalium bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah. Studi yang lain menunjukkan bahwa peningkatan asupan kalium mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. Sementara itu tidak semua studi menyetujui dengan efek ini, karena Para peneliti tak menemukan pengaruh suplemen kalium terhadap tekanan darah. Kesimpulan tengah yang bisa diambil adalah, mungkin mengambil kalium bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi jika penderita tidak mendapatkan cukup mineral ini.

Stroke

Orang yang selalu mendapatkan cukup kalium dalam diet, berisiko lebih rendah terkena stroke.

Ginjal

Kalium juga bekerja sebagai agen untuk menjaga kalsium, agar tidak membentuk batu pada ginjal.  dari pembentukan batu. Ginjal akan menyaring kalium dan mengeluarkannya melalui urine. Dengan demikian, bisa dikatakan kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Otak

Kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak yang sehat. Ia juga membantu membawa oksigen ke otak, agar mendapat makanan yang cukup. Kalium juga berperan mengirimkan neurotransmitter di otak agar dapat mengirim sinyal kepada saraf. Mineral ini juga penting agar saraf kita bisa sehat, sehingga bisa bekerja dengan normal.
Penting: Jangan mengambil suplemen apapun(terutama kalium) untuk menurunkan darah tinggi, atau yang lainnya sebelum berkonsultasi dengan dokter.